Kamis, 13 Agustus 2020

on
Kamera Anak

Fotografi merupakan suatu kegiatan mengabadikan momen dalam bentuk gambar atau video dengan menggunakan suatu alat potret. Kegiatan tersebut tidak hanya dikhususkan untuk orang dewasa, tetapi mereka yang berusia 3 hingga 9 tahun juga bisa mengenal dunia seni tersebut. Saat ini, tidak jarang orang tua yang mengajarkan hal tersebut kepada buah hatinya. Berikut beberapa manfaat mengenalkan fotografi melalui kamera anak yang wajib anda tahu.

4 Manfaat Fotografi Bagi Si Kecil

1. Mengeksplorasi Kemampuan Diri

Kemampuan diri seseorang tidak terbatas sepanjang ia mau mengeksplor kemampuannya. Pada awalnya, si kecil belum paham cara memotret untuk menghasilkan suatu gambar yang bagus dan terlihat estetik. Namun, lama kelamaan ia pasti ingin hasil jepretannya menjadi lebih baik. Hal ini memicu timbulnya keinginan untuk mengembangkan kemampuan dirinya dengan semakin banyak berlatih teknik-teknik dalam memotret suatu objek.

2. Mengisi Waktu Luang Menjadi Lebih Menyenangkan dan Bermanfaat

Zaman sekarang, kebanyakan anak hanya fokus bermain gadget seharian. Mereka lebih memilih untuk bermain game ketimbang makan. Hal tersebut menjadi kebiasaan buruk bagi mereka. Lebih baik mengisi waktu luang dengan hal-hal yang positif, salah satunya anda bisa mengajarkan si kecil untuk menemukan objek foto yang menarik menggunakan kamera anak, sehingga ia tidak hanya fokus dengan hp atau gadget yang lainnya.

Memilih sesuatu untuk dijadikan objek foto tidaklah mudah, namun dapat ditemukan di luar maupun dalam ruangan, hal ini juga bermanfaat bagi buah hati anda. Ia akan sering bergerak ke sana kemari untuk mencari objek foto yang ia suka, dengan demikian si kecil jadi lebih aktif dan sehat. Apalagi jika anda memiliki halaman belakang atau taman di rumah, tempat tersebut bisa dijadikan lahan untuk memotret.

3. Menimbulkan Jiwa Seni Si Kecil

Seni merupakan suatu keahlian dalam mengekspresikan perasaan terhadap unsur keindahan. Tidak semua orang bisa memiliki keahlian tersebut, namun anda bisa mengembangkannya melalui kegiatan yang berkaitan dengan seni. Dunia fotografi merupakan “art and craft” yang bisa menghasilkan karya dan keuntungan. Jika si kecil menggunakan kamera anak sejak dini, maka akan timbul jiwa seni di dalam dirinya.

4. Mengembangkan Imajinasi dan Kreativitas Sejak Dini

Ilmu fotografi tidak hanya sekedar memotret suatu objek, namun terdapat teknik-teknik pengambilan gambar atau video yang harus dipelajari, sehingga mampu menghasilkan karya yang indah. Selain itu, diperlukan imajinasi yang tinggi untuk membuat rencana sebelum memotret. Rencana tersebut terdiri dari angle atau sudut pengambilan gambar, latar belakang, lighting, posisi, tema, properti, warna, layout, dan lain sebagainya.

Hal tersebut akan mengembangkan imajinasi si kecil, ia akan berpikir bagaimana caranya agar foto yang ia potret bisa terlihat bagus. Semua hal itu bisa ia rencanakan dalam kepalanya menggunakan imajinasi dan tentunya juga diperlukan kreativitas, agar foto yang dihasilkan tidak hanya indah tetapi juga unik. Selain itu, anda juga perlu mengajarkan cara mengatur kamera anak, agar buah hati anda bisa leluasa mengabadikan momen di sekitarnya.

Itulah beberapa manfaat mengenalkan fotografi kepada anak anda, tidak perlu khawatir akan budget yang harus anda keluarkan untuk memenuhi kebutuhan dunia memotret tersebut. Karena sekarang banyak kamera khusus yang bisa digunakan si kecil yang dijual dengan harga pas dikantong. Selain itu, kegiatan foto-memfoto ini juga bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi anda dan buah hati. Jadi, apakah anda tertarik untuk mencobanya?

 

0 komentar:

Posting Komentar