Jumat, 19 Februari 2021

on

 

Jalan Kaki

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit kardiovaskular yang paling umum dan paling banyak menjangkiti masyarakat Indonesia. Menurut data Sample Registration System (SRS) Indonesia tahun 2014 yang dilansir dari laman Kemenkes, hipertensi dengan komplikasi merupakan penyebab kematian terbesar kelima pada semua umur. Untuk itu, agar terhindar dari penyakit tersebut maka perlu adanya kesadaran tinggi untuk menjaga pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan rendah lemak. Anda juga disarankan memiliki asuransi kesehatan. Tentu selain asuransi kesehatan, sangat disarankan juga Anda memiliki Life insurance unit link untuk memproteksi masa depan Anda dan keluarga.

 

Selain itu, jika Anda mengidap hipertensi, melakukan beberapa cara berikut dipercaya dapat membantu menurunkan hipertensi yang Anda idap, di antaranya:



1.       Jalan kaki dan olahraga teratur

Olahraga secara teratur dipercaya dapat membantu jantung menjadi lebih kuat dan efisien dalam memompa darah sehingga mampu menurunkan tekanan di arteri Anda. Di mana, melakukan  olahraga sedang seperti jalan kaki selama 150 menit atau olahraga berat seperti lari dengan durasi sekitar 75 menit, maka dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

 

2.       Kurangi asupan natrium

Banyak penelitian mengaitkan natrium dengan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung, termasuk stroke. Jika Anda memiliki hipertensi, maka sebaiknya kurangi asupan natrium tersebut karena berisiko tinggi meningkatkan hipertensi. Disarankan Anda mengganti garam dengan bumbu yang terbuat dari rempah-rempah.

 

3.       Kelola stres dengan baik

Stres merupakan pendorong utama hipertensi. Saat Anda mengalami stres, detak jantung akan lebih cepat dan pembuluh darah menyempit. Untuk itu, Anda disarankan untuk mengelola stres dengan baik agar tidak memengaruhi hipertensi. Caranya? Lakukan kegiatan yang menyenangkan yang dapat menekan stres tersebut.

 

4.       Perbanyak konsumsi kalium

Seperti diketahui, kalium merupakan salah satu nutrisi yang dapat membantu tubuh membuang asupan natrium dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah. Makanan yang mengandung banyak kalium meliputi:

-          Sayuran, terutama sayuran berdaun hijau, tomat, kentang, dan ubi jalar

-          Buah-buahan, termasuk melon, pisang, alpukat, jeruk, dan aprikot

-          Produk susu, seperti susu dan yogurt

-          Tuna dan salmon

-          Kacang-kacangan dan biji-bijian

Perbanyaklah konsumsi makanan tersebut agar dapat membantu menurunkan hipertensi.

5.       Kurangi gula tambahan dan karbohidrat olahan

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa membatasi gula dan karbohidrat olahan dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus menurunkan tekanan darah di tubuh. Oleh sebab itulah, Anda sangat dianjurkan untuk mengurangi keduanya agar tekanan darah tidak meningkat.

 

6.       Mencukupi waktu tidur

Mencukupi waktu tidur di malam hari bisa menjadi salah satu cara terbaik menurunkan hipertensi. Pasalnya, orang-orang yang kekurangan waktu tidur, terutama mereka yang berusia paruh baya, memiliki risiko tinggi mengidap hipertensi. Untuk itu, jangan sampai Anda kekurangan jam tidur. Sulit memang mendapatkan tidur malam yang nyenyak, namun Anda bisa menyikapinya dengan mengatur jadwal tidur, menghabiskan waktu bersantai di malam hari, berolahraga di siang hari, hindari tidur siang, dan buat kamar tidur Anda menjadi lebih nyaman.

Itulah dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan hipertensi yang dialami. Semoga bermanfaat, ya!

 

 

0 komentar:

Posting Komentar