Jumat, 06 Agustus 2021

on

Joylab

 

Menggunakan tabir surya atau sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan sebenarnya bukan sekadar melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari. Kandungan dalam sunscreen pun bakal menurunkan risiko seperti serangan radikal bebas yang membuat kulit cepat kering atau kusam. Sekarang sudah semakin banyak brand-brand kecantikan yang mengeluarkan sunscreen,dan tidak sedikit juga ada brand lokal yang mengeluarkan sunscreen. Salah satu brand dengan sunscreen lokal dengan 50SPF terbaik adalah Joylab. Produk sunscreen lokal dengan 50SPF dari Joylab dibuat khusus untuk semua jenis kulit bahwa ada sunscreen khusus kulit berminyak. Nah sebelum membahas produk mana yang lebih baik, kita perlu tahu lebih detail apakah sunscreen itu aman? Yuk, cek infonya di bawah ini


Bahan-bahan utama sunscreen

Walau punya peran penting, pemakaian sunscreen yang tepat ternyata belum diketahui banyak orang. Anda yang kali pertama menggunakannya pun mungkin masih ragu dengan aplikasinya. Seperti apa cara kerja sunscreen? Apakah ada makna dari level SPF yang dicantumkan?

Dalam produksi sunscreen, ada dua bahan utama yang digunakan, yakni bahan aktif dan emulsi. Bahan aktif yang berfungsi memberikan proteksi terhadap paparan sinar matahari dibagi lagi menjadi dua jenis, antara lain penyerap UV dan pemantul (reflektor) UV.

Sebagai penyerap, bahan ini akan mengurangi efek radiasi UV dengan mengubahnya ke tingkat panas lebih rendah. Zat kimia untuk peredam ini dikatakan organik karena mengandung atom karbon sebagai dasar semua bahan organik. Sebagian menyerap spektrum UVB, sebagian lagi pada spektrum UVA. Keduanya merupakan salah satu faktor yang meningkatkan risiko kanker kulit.

Bagaimana dengan pemantul UV? Bahan ini terdiri atas sejumlah oksida seperti zinc oxide dan titanium dioksida yang mampu menyerap sekaligus menyebarkan radiasu UV. Maka dari itu, sunscreen dengan label broad spectrum direkomendasikan untuk proteksi terbaik.

Sementara bahan-bahan yang dikategorikan sebagai emulsi berfungsi dalam membawa zat aktif. Bentuknya dapat berupa losion,minyak, susu, krim, busa, maupun gel. Kombinasi bahan pun dilakukan untuk membentuk sunscreen lokal dengan 50SPF terbaik supaya lebih awet saat disimpan. Emulsi juga yang membuat sunscreen tahan air dan bisa menempel pada kulit.


SPF dan fungsinya pada sunscreen

Lalu, apa itu SPF? Sun protection faktor (SPF) merupakan istilah yang mengacu pada level proteksi terhadap paparan sinar matahari. Angka yang ditunjukkannya menerangkan berapa lama kulit mampu bertahan di bawah sinar matahari tanpa memicu kulit terbakar selama memakai sunscreen.

Sebagai contoh, rata-rata kulit mengalami kemerahan setelah 15 menit terpapar sinar matahari dan dibutuhkan waktu 50 kali lebih lama sampai terbakar (sunburn) kalau Anda memakai sunscreen dengan SPF 50. Artinya, kulit baru akan merasakan dampak tersebut setelah kurang lebih 12 jam.

Akan tetpi, bukan berarti Anda aman berkeliaran di bawah sinar matahari dalam jangka waktu tersebut. Jenis kulit ikut mempengaruhi efektivitas yang diberikan sunscreen. Seseorang dengan kulit lebih putih cenderung mudah mengalami sunburn dibandingkan mereka yang berkulit gelap. Kemudian dari fakfor geografis, risiko kulit terbakar lebih sering menimpa orang yang tinggal di dataran tinggi, berada di garis khatulistiwa, maupun di pantai.

Selain menjadi keterangan waktu perlindungan, angka SPF bisa membantu Anda menemukan berapa banyak sinar UV yang mampu diblokir sunscreen, antara lain:

  • SPF 15 untuk memblokir 93% UVB;
  • SPF 30 untuk memblokir 97% UVB;
  • SPF 50 untuk memblokir 98% UVB;
  • SPF 100 untuk memblokir 99% UVB.

Mengingat sebagian besar masyarakat Indonesia tinggal di kawasan tropis atau sekitar area garis khatulistiwa, maka angka SPF yang direkomendasikan adalah minimal 30. Namun untuk yang beraktivitas lama di bawah terik mantahari, direkomendasikan menggunakan SPF minimal 50 Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli kulit untuk menemukan angka SPF sesuai jenis kulit.


Semoga Anda bisa menemukan sunscreen lokal dengan 50SPF ataupun 30SPF terbaik untuk beraktivitas di luar ruangan tanpa takut mengalami kulit terbakar!

 

0 komentar:

Posting Komentar