Kamis, 16 September 2021

on
Lego City


Mengasah kemampuan maupun keterampilan anak sangatlah penting. Sejak dini, orang tua sudah mengenalkan berbagai cara untuk melatih motorik anak. Apalagi anak-anak suka sekali dengan aktivitas bermain. Orang tua bisa mengasah motorik anak lewat merakit mainan lego city untuk membantu perkembangan pola pikir kreatif pada anak. Simak apa saja kemampuan motorik yang didapatkan saat anak merakit lego.


Keterampilan Motorik yang Didapat Saat Bermain Lego


1. Mengasah Keterampilan Motorik Halus pada Anak

Mengasah kemampuan dan keterampilan motorik halus pada anak bertujuan agar anak dapat mengenali, merasakan, dan dapat membedakan sesuatu seperti benda atau sebuah peristiwa. Kemampuan ini sudah terjadi pada anak dibawah usia satu tahun. Saat anak menginjak usia balita, anak akan mulai menyukai dan melakukan berbagai hal seperti bermain.

Berbagai macam jenis mainan yang bisa dilakukan untuk mengasah kemampuan motorik halus. Seperti permainan yang satu ini, lego city merupakan salah satu permainan yang berbentuk sebuah bongkahan balok plastik yang bisa disusun untuk menjadi suatu bentuk tertentu. Orang tua bisa mengasah motorik anak lewat merakit mainan lego city.

 Dalam mainan ini juga terdapat beberapa figur dan juga benda-benda yang sama dengan yang ada disekitar kita. Sehingga anak dapat mengenal dan mengetahui dengan mudah bentuk-bentuk juga warna yang dijumpainya. Permainan ini melatih kemampuan mata anak untuk membedakan dan mengelompokkan berbagai macam warna yang ada saat merakit lego.

Selain mampu melatih kekuatan otot mata, merakit lego juga bisa melatih kemampuan otak anak. Melatih kemampuan otak anak  didapatkan saat merakit atau menggabungkan  unsur-unsur yang ada dalam lego. Kemampuan ini dapat merangsang otak anak agar bisa memecahkan suatu masalah dengan baik. Jadi, ketika anak tampak pusing saat merakit lego, saat itu kemampuan berpikirnya digunakan untuk mencari sebuah solusi.


2. Melatih Kemampuan Motorik Kasar pada Anak

Terdapat 2 jenis kemampuan perkembangan motorik pada anak. Ada kemampuan motorik halus dan kemampuan motorik kasar pada anak-anak. Kemampuan motorik kasar pada anak didapatkan saat anak melakukan aktivitas fisik. Orang tua bisa membantu mengasah motorik anak lewat merakit mainan lego city. Permainan ini sangat efektif melatih otot gerak pada anak.

Ketika anak bermain lego city, anak akan secara aktif melatih otot gerak pada tangannya. Saat merakit permainan tersebut juga membuat anak semakin aktif bergerak dan memainkan karakter-karakter yang ada pada permainan ini. Selain itu, dengan bermain lego juga mampu membuat anak semakin interaktif.

Ditambah lagi juga akan meningkatkan percaya diri dalam melakukan interaksi terhadap lawan bermainnya saat memainkan suatu peran. Saat anak bermain lego, kemampuan motorik berpikir dan bergerak justru bisa mengembangkan kegigihan anak  dan bisa melatih fokus pada si kecil saat memainkan permainan ini.

Tidak hanya fokus berfikir, namun melakukan gerakan atau aktivitas fisik ketika bermain lego juga dapat membantu perkembangan motorik kasar pada anak. Sehingga merakit mainan lego city juga dapat membantu pergerakan otot tangan dan otak berjalan seimbang. Itulah mengapa permainan satu ini memang sangat baik jika diberikan kepada si kecil karena banyak manfaat baik yang didapatkan.

Sebuah pengetahuan yang dicapai dengan cara yang menyenangkan, akan lebih mudah terserap dan mudah disimpan ke dalam memori otak. Selanjutnya memori tersebut akan mudah diingat jika orang tua memberikan edukasi dengan cara yang dianggap menyenangkan bagi anak. Salah satunya dengan bermain permainan satu ini.

0 komentar:

Posting Komentar